Adeeva Travel MENIKMATI KEINDAHAN PULAU SANGALAKI BERSAMA PARI MANTA - Adeeva Travel
Headlines News :
Home » » MENIKMATI KEINDAHAN PULAU SANGALAKI BERSAMA PARI MANTA

MENIKMATI KEINDAHAN PULAU SANGALAKI BERSAMA PARI MANTA

Written By Unknown on Saturday 26 March 2016 | 00:35:00

Rate this posting:
{[['']]}

Menikmati Keindahan Pulau Sangalaki Bersama Pari Manta


Bermain bersama Ikan Pari Manta

AdeevaTravel -Pulau Sangalaki adalah sebuah pulau nan indah seluas 15,9 ha di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan berkilau dengan lebar sekitar 12-15 meter serta perairan sekitarnya terdapat Taman Laut yang dikenal sebagai Wisata Selam (diving) dengan biota laut yang sangat beragam dan keberadaan Ikan Pari Manta akan menjadikan liburan Anda takkan terlupakan sepanjang hidup Anda.

Pulau Sangalaki

Saat malam tiba ditemani rembulan malam yang sangat indah, Anda dapat menyaksikan sekumpulan Ikan Pari Manta yang menuju pulau ini. Mereka datang untuk mencari makan beberapa jenis plankton yang banyak terdapat di perairan Pulau Sangalaki. Selain menyaksikan Ikan Pari Manta ditempat ini Anda juga dapat menemukan biota laut lainnya seperti Barracuda, Pari, Cumi-cumi raksasa serta beberapa hewan laut lainnya serta tempat Konservasi Penyu.



Tidak begitu sulit untuk menemukan penyu di Pulau Sangalaki. Ketika anda berjalan dipantai saja sudah terlihat beberapa jejak penyu. Hanya saja penyu ini baru datang ke Pulau Sangalaki pada saat malam hari. Pada malam hari bisa ditemui puluhan penyu yang datang kesini. Setiap tahunnya total ada lebih dari 3.700 penyu yang mampir ke pulau ini. 

Penyu Pulau Sangalaki

Mereka datang ke Pulau Sangalaki untuk bertelur, terutama pada saat air laut sedang pasang. Kegiatan bertelur para penyu di Pulau Sangalaki bisa dibilang semi alami. Karena setelah penyu-penyu tersebut selesai bertelur, telur yang sudah ditetaskan akan diawasi. Apabila dirasa tidak aman posisi dimana penyu menguburkan telurnya, maka akan ada beberapa petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang memindahkan telur ini ke lokasi lain yang dianggap lebih aman.

Pulau Sangalaki

Selain keberadaan Ikan Pari Manta yang sangat menakjubkan, Keberadaan Panorama Bawah Laut pulau ini banyak mengundang para penyelam dari seluruh dunia untuk datang ke pulau ini. Mereka akan merasakan surga dunia bawah laut Pulau Sangalaki dengan beberapa titik spot yang sangat menakjubkan seperti Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue,Eel Ridge,Lighthouse dan The Rockies.

Penyu Pulau Sangalaki

Hal menarik yang bisa anda lakukan di Pulau Sangalaki selain melihat aktifitas penyu adalah menyelam bersama pari manta. Pari manta adalah hewan laut yang langka. Beberapa pengunjung ada yang datang ke Pulau Sangalaki khusus untuk melihat pari manta ini. Di laut bebas, tubuh pari manta yang berbentuk seperti layang-layang ini bisa mencapai lebar 7 m. Tapi yang hidup di Pulau Sangalaki adalah dari jenis pari manta karang yang tubuhnya hanya bisa tumbuh hingga selebar 5,5 m. 

Taman Laut Pulau Sangalaki

Tak seperti lokasi penyelaman yang lain, Pengelolaan Pulau Sangalaki melindungi secara ketat pelestarian alam yang ada di perairan ini. Anda akan merasakan ketenangan jiwa dan pikiran karena jauh dari kebisingan dan aktivitas sehari-hari.  

Di Pulau ini juga tersedia Resort Sangalaki Dive Lodge yang mempersiapkan sarana penginapan dan perlengakapan penyelaman.


Pulau Sangalaki

Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Sepingan (BPN) di Balikpapan. Dari Sepingan, Anda bisa menggunakan Pesawat Deraya ke Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. 

Atau anda bisa menumpang speed boat dari pulau lainnya yang ada di Kepulauan Derawan. Bisa juga langsung berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pelabuhan ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Dari Tanjung Redeb diperlukan waktu 2,5 jam untuk menuju ke pelabuhan. Tanjung Redeb mempunyai bandara yang melayani rute dari Jakarta. 

Sementara speed boat yang ada di Pelabuhan Tanjung Batu bisa disewa dengan biaya Rp 400.000 untuk menuju ke Pulau Sangalaki. Tidak seperti Pulau Derawan yang setiap jum’at disinggahi oleh Kapal Cepat, Pulau Sangalaki tidak mempunyai fasilitas ini. Jadi satu-satunya cara adalah menggunakan speed boat sewaan.
   

   
Share this article :

4 comments:

  1. Untuk informasi mengenai pesawat udara dr bandara balikpapan menuju bandara kalimarau menggunakan pesawat garuda,sriwijaya,kalstar dsn lion air bukan pesawatderaya,kemudian menuju kepulauan derawan bisa menggunakan laut dan darat,

    ReplyDelete
  2. Ada info kontak yg bisa dihubungi?

    ReplyDelete
  3. keren-keren fotonya min, berharap bisa pergi ke temoat wisata ini juga

    ReplyDelete
  4. silahkan aja menghubungi pengelola pulau sangalaki di
    PT. SANGALAKI MANTA PARADISE (Sangalaki Dive Lodge)

    ReplyDelete

Bergabunglah bersama kami,
Dengan memberikan komentar yang yang tidak mengandung Sara dan sesuai dengan isi postingan.

 
Support : Creating Website | Adeeva Travel | Adeeva Travel
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Adeeva Travel - All Rights Reserved
Adeeva Travel
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya