Adeeva Travel MENIKMATI 10 WISATA LOMBOK PALING MENAKJUBKAN - Adeeva Travel
Headlines News :
Home » » MENIKMATI 10 WISATA LOMBOK PALING MENAKJUBKAN

MENIKMATI 10 WISATA LOMBOK PALING MENAKJUBKAN

Written By Adeeva Travel on Wednesday, 27 January 2016 | 19:38:00

Rate this posting:
{[['']]}

Menikmati 10 Wisata Lombok Paling Menakjubkan  


Menikmati 10 Wisata Lombok Paling Menakjubkan

AdeevaTravel -Lombok adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, Indonesia. Pulau dengan luas sekitar 5.435 kilometer persegi ini banyak menyimpan destinasi wisata yang sangat menakjubkan dan merupakan salah satu pulau andalan wisata terbaik di Indonesia.

Sama halnya dengan Pulau Bali, Pulau Lombok mulai terkenal sebagai pulau pariwisata kelas dunia pada dasawarsa tahun 1990-an. Di pulau ini Anda dapat menikmati destinasi wisata yang sangat menakjubkan dari mulai Wisata Alam hingga Wisata Budaya dan Wisata Kulinernya.

Di pulau ini Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang masih sangat alami seperti Pantai Senggigi atau Pantai Gili yang sangat indah dan mempesona. Di pulau ini Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah di Gunung Rinjani atau menikmati panorama menakjubkan di Air Terjun Sendang Gile

Penasaran kan dengan keindahan alam dari Pulau Lombok ini? Berikut 10 Wisata Lombok Paling Menakjubkan yang akan membuat Anda terpesona dan ingin secepatnya datang ke Lombok untuk menyaksikannya sendiri.

1. Pantai Senggigi


Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah pantai wisata paling terkenal dan terpopuler di Pulau Lombok. Pantai dengan pasir putih ini pesisir pantainya masih sangat asri dan alami. Pemandangan bawah lautnya juga sangat indah dan menakjubkan. Di Pantai Senggigi Anda bisa melakukan Selam Permukaan (Snoorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar serta terumbu karangnya menjulang ketengah sehingga ombak yang datang akan terpecah di tengah. Di pantai ini juga banyak tersedia hotel-hotel penginapan dengan harga murah dan terjaangkau oleh kantong Anda.

Sekitar 3 jam berjalan kaki dari pantai ini, Anda juga dapat menjumpai Batu Bolong yang diatasnya terdapat sebuah Pura. Dari tempat ini Anda juga dapat menjumpai sebuah makam seorang ulama yang merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu.

2. Pulau Gili


Gili Air


Gili Air

Gili Air merupakan salah satu dari tiga Pulau Gili terkenal di Lombok. Selain Gili Air, masih ada lagi Gili Trawangan dan Gili Meno yang sangat terkenal oleh wisatawan sebagai Destinasi Wisata Pantai Favorit di Pulau Lombok.

Berkunjung ke Gili Air Anda dapat menjelajahi beberapa titik penyelaman untuk menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia. Diantaranya Anda dapat mengunjungi Spot Kuda Laut, kura-kura, ikan dengan berbagai warna serta keanekaragaman penghuni laut lainnya.

Gili Trawangan

Gili Trawangan


Gili Trawangan adalah gili paling besar dari ketiga gili yang ada di Lombok. Gili sepanjang 3 km dengan lebar 2 km Gili Trawangan memiliki fasilitas paling beragam buat Anda. Di tempat ini Anda dapat meneikmati banyaknya pesat yang diselenggarakan setiap malam. Serta melakukan akitivitas Scuba Diving, Soorkeling, Kayak dan berselancar. Anda juga dapat belajar menaiki kuda mengelilingi pulau. 

Kelebihan dari Pulau ini adalah Anda dapat menyaksikan Sunset dan Sunrise sekaligus di pantai ini. Hal ini bisa terjadi karena Pulau Gili Trawangan pantai-pantainya menghadap ke bagian barat dan timur yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Gili Meno


Gili Meno

Gili Meno adalah salah satu tiga pulau Gili yang ada di Lombok. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram dalam waktu 45 menit dengan kendaraan darat. Di tempat ini Anda dapat menyaksikan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan serta hutan lindung yang mempunyai koleksi burung-burung langka Indonesia dan dunia. Di tempat ini Anda dapat mendengarkan kicauan burung yang merdu yang mampu menenangkan hati dan pikiran Anda. Jika tidak puas mendengar kicauannya, Anda juga dapat memegangnya secara langsung dengan mengunjungi Bird Park yang terletak di Big Park Homestay.

Di Pulau Gili Meno Anda juga dapat menikmati pasir putih yang putih bersih dan masih sangat alami. Di Gili Meno Anda juga dapat melakukan aktivitas snoorkeling atau berenang sambil menikmati karang dan biodeversitasnya.  

3. Pantai Kuta Lombok


Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok adalah pantai pasir putih yang terletak di Desa Kuta, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai ini menjadi tujuan wisata yang sangat menarik di Indonesia sejak didirikannya hotel-hotel baru. Selain Anda dapat menikmati keindahan alam bagai surga dunia, Anda juga dapat menyaksikan Upacara Sasak yang diselenggarakan setahun sekali. Dalam upacara yang disebut Upacara Bae Nyale, Para pelaut diharuskan mencari Cacing Nyale di laut.    

 4. Air Terjun Sendang Gile


Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile terletak di desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju Gunung Rinjani yang berada pada kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. 

Air terjun yang berada pada ketinggian 600 meter diatas permukaan laut ini memiliki tinggi sekitar sekitar 31 meter dari dasar sungai yang memiliki dua tingkatan. Tingkat pertama muncul diatas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya. Sedangkan pada tingkat kedua, dimana pada kolam tersebut air akan terjun kebawah dan membentuk sungai di bawahnya.

Air terjun yang oleh penduduk setempat sering disebut Batu Ko (batu kerbau) menurut legendanya air terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari dari langit.Dan para penduduk setempat percaya mandi ataupun membasuh muka di Air Terjun Sendang Gile akan membuat seseorang lebih muda satu tahun dari usia sebenarnya.

5. Pantai Pink


Pantai Pink

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pink adalah sebuah destinasi wisata pantai yang banyak menarik dan patut dikunjungi karena keunikannya. Pantai yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur  ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink. 

Warna Pink pada pasir pantai ini berasal dari pasir putihnya pantai yang bercampur dengan seropihan karang merah muda. Pantai yang masih sangat alami, tenang dan berombak kecil ini akan membuat Anda merasa nyaman ketika berlibur ke pantai ini. Keindahan Pantai Pink akan terlihat lebih sempurna dengan hamparan bukit di sekitarnya. 

Disisi kiri pantai ada bukit dengan padang rumput yang luas, tanjung yang eksotis, serta beberapa gazebo. Letaknya yang tersebunyi dan jauh dari pusat kota, membuat pantai ini tempat yang nyaman untuk Anda berlibur menenangkan pikiran dari rutinitas kehidupan sehari-hari.   

6. Taman Narmada


Pantai Narmada

Taman Narmada ini terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman seluas sekitar 2 ha ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem sebagai tempat Upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun caka (Oktober-November). Selain sebagai tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat beristirahat Raja dan keluarganya. 

Saat ini Taman Narmada terbuka untuk umum dan menjadi pusat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. 

Jika Anda berminat, Datanglah sekitar bulan November atau Desember setiap tahunnya, Karena penduduk setempat penganut Agama Hindu biasanya akan merayakan Hari Pujawali dengan mendaki Gunung Rinjani dan melakukan Ritual Pekelan dengan melempar barang-barang atau perhiasan kecil untuk menghormati dewa yang menjaga Gunung Rinjani.    

7. Hutan Monyet Pusuk


Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk adalah sebuah tempat wisata alam yang berada dikawasan hutan Gunung Rinjani. Pusuk yang berarti puncak, hal ini merujuk pada hutan ini yang berada pada Puncak Gunung Rinjani.

Di hutan ini banyak terdapat monyet yang selalu setia menanti di pinggir jalan untuk diberi makan oleh para pengunjung. Tempat ini menawarkan sensasi yang berbeda buat Anda, Hutan lindung yang rimbun serta suara alam mengiringi monyet yang berjejer di pinggir jalan.  

8. Dusun Sade


Dusun Sade

Sade adalah salah satu dusun di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah yang dikenal sebagi dusun yang masih mempertahankan adat suku sasak. Dusun yang oleh Pemerintah setempat dijadikan Desa Wisata ini banyak didatang wisatawan lokal maupun mancanegara karena keunikan Dusun Sade dan Suku Sasak sebagai penghuninya.

Sade adalah cerminan asli Suku Sasak Lombok. Di dusun ini Anda akan menemukan bangunan yang masih sangat tradisional. Atapnya terbuat dari ijuk, kuda-kuda atas rumah menggunakan bambu tanpa paku, sedangkan temboknya terbuat dari anyaman bambu serta lantainya beralasan tanah.

Uniknya Suku Sasak ini mengepel lantai rumah dengan menggunakan kotoran kerbau yang dicampur dengan sedikit air. Konon, dengan cara ini lantai rumah dipercaya akan lebih hangat dan dijauhi oleh nyamuk serta tidak ada kesan bau kotoran kerbau di rumah-rumah ini. 

9 Pantai Tanjung Aan


Pantai Tanjung Aan

Tanjung Aan adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah selatan pulau Lombok, letaknya tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok atau tepatnya bersebelahan. Berbeda dengan senggigi atau Kuta yang sudah dilengkapi oleh hotel berbintang 5, tanjung Aan merupakan pantai yang sepi dan tidak memiliki fasilitas apa-apa. Walau demikian pantai ini sangat digemari oleh wisatawan terutama wisatawan asing yang memang mencari suasana alami dan jauh dari keramaian.

Aktifitas yang biasa dilakukan oleh wisatawan selain bermain di pantai menikmati jernihnya air, pasir putih dan pemandangan indah dengan bukit-bukit di sepanjang pantai, wisatawan asing biasanya melakukan aktifitas surfing atau sekedar berjemur. Panti tanjung Aan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 Jam dari Mataram dengan menggunakan kendaraan roda empa atau roda dua. Apabila anda menginap di daerah Senggigi, bisa menyewa sepeda motor atau menyewa mobil.  

Jika Anda menginginkan suasana pantai yang sepi, berpasir putih, air laut jernih, ombak tenang, batu karang eksotik dan sinar matahari penuh untuk berjemur, Tanjung Aan adalah pilihan yang tepat untuk liburan Anda..

10. Pura Suranadi 


Pura Suranadi

Jika Anda ingin merasakan pembaruan spiritual sekaligus menikmati kesegaran alam serta mencicipi masakan tradisional Pulau Lombok, Kawasan Wisata Pura Suranadi merupakan pilihan yang tepat buat Anda.

Pura yang dibangun pada abad ke-a8 ini memiliki lima pancuran suci (Pura Panca Tirta) yang berasal dari Gunung Rinjani. Oleh penduduk setempat kelima pancuran ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang dalam Bahasa Sasak disebut "Ngentas Male" yang oleh masyarakat Hindu percaya bahwa setelah berdo'a, kemudian mensucikan dengan air dari kelima pancuran tersebut maka mereka akan mendapatkan kehidupan yang baru atau "Suranadi".

Tak jauh dari Pura Suranadi, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat sejuk  dari Taman Wisata Alam Suranadi. Selain banyak terdapat pohon besar dan rimbun, Di Taman Wisata Alam Suranadi ini Anda dapat menemukan beberapa tanaman langka dan satwa-satwa liar seperti Kijang, Kera dan berbagai macam jenis burung.

Sebelum Anda meninggalkan Pura Suranadi dan Taman Wisata Alam Suranadi, Anda dapat mencicipi Sate Bulayak yang rasanya sangat lezat  yang hanya dapat Anda temukan di kawasan Pura Suranadi.   
 
Share this article :

1 comment:

Bergabunglah bersama kami,
Dengan memberikan komentar yang yang tidak mengandung Sara dan sesuai dengan isi postingan.

 
Support : Creating Website | Adeeva Travel | Adeeva Travel
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Adeeva Travel - All Rights Reserved
Adeeva Travel
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya