Adeeva Travel 15 FESTIVAL WISATA BUDAYA NUSA TENGGARA BARAT 2016 - Adeeva Travel
Headlines News :
Home » » 15 FESTIVAL WISATA BUDAYA NUSA TENGGARA BARAT 2016

15 FESTIVAL WISATA BUDAYA NUSA TENGGARA BARAT 2016

Written By Unknown on Friday 25 March 2016 | 14:37:00

Rate this posting:
{[['']]}

15 Festival Wisata Budaya Nusa Tenggara Barat 2016 


15 Festival Wisata Budaya Nusa Tenggara Barat 2016

AdeevaTravel - Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Provinsi yang memiliki dua pulau besar yang terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa ini sudah siap menyambut Anda untuk datang berlibur. Dengan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan serta berbagai macam Festival Budaya, NTB menargetkan 3 juta wisatawan di tahun 2016 ini.  



Berikut 15 Festival Budaya Nusa Tenggara Barat 2016 yang diterbitkan dalam "Calender Event Nusa Tenggara Barat 2016" oleh Pemerintah NTB dan Kementerian Pariwisata yang kami lansir dari Geographic Indonesia.


1. Pesta Rakyat Bau Nyale


Pesta Rakyat Bau Nyale

Pesta Rakyat Bau Nyale adalah sebuah perayaan suka cita atas legenda Putri Mandalika yang rela menceburkan diri ke laut daripada dipersunting oleh para Putra Mahkota Kerajaan Lombok. Pesta ini akan di gelar di Pantai Kute, Seger, A'an, Lombok Tengah. Jadi pastikan jadwal liburan Anda untuk datang menyaksikan Pesta Rakyat Bau Nyale ini pada bulan Februari 2016.

2. Gelar Seni Pelajar NTB


Gelar Seni Pelajar NTB

Gelar Seni Pelajar NTB adalah ajang kesenian yang melibatkan pelajar di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat.  Taman Budaya akan menjadi ruang bagi para pelajar dan penggiat seni terdahulu untuk menghasilkan inovasi. Pastikan Anda untuk menyaksikan Gelar Seni Pelajar Nusa Tenggara Barat pada 19-20 Februari 2016.

3. Apresiasi Film Nasional NTB


Apresiasi Film Nasional NTB

Apresiasi Film Nasional NTB dengan diselenggarakannya Bioskop Keliling akan menjadi fasilitas hiburan segar oleh seluruh masyarakat NTB. Berbagai macam ragam Film Nasional akan di putar untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari  beberapa Program Televisi yang kurang mendidik. Bioskop Keliling ini akan dapat Anda saksikan bersama-sama dengan masyarakat NTB satu kali setiap bulannya di tahun 2016.

4. Pagelaran Wayang Kulit Sasak



Pagelaran Wayang Kulit Sasak

Pagelaran Wayang Kulit Sasak adalah kaloborasi antara wayang dengan teater, sendra tari dan kesenian lainnya. Pada Festival ini diharapkan mampu menyulut rasa cinta generasi muda terhadap salah satu kebudayaan asli Indonesia. Jadi jangan lupa untuk menyaksikan Festival Wayang Kulit Sasak pada 19 Maret 2016 ini.

5. Tambora Menyapa Dunia


Tambora Menyapa Dunia

Festival Tambora Menyapa Dunia diselenggarakan untuk memperingati 200 tahun letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815 silam. Festival yang akan diselenggarakan pada bulan 10 April 2016 ini kembali diselenggarakan sebagai Event Pariwisata NTB. Selain itu di tempat ini Anda juga dapat menyaksikan Festival Mbojo atau Pacuan Kuda yang dilakukan oleh anak-anak kecil yang akan digelar pada 3-10 April 2016 untuk memperingati 201 tahun Letusan Tambora.

6. Festival Nasional Musisi Tradisi


Festival Nasional Musisi Tradisi

Pada bulan Mei 2016, Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat giliran sebagai tuan rumah Pagelaran Musik Daerah Nasional. Acara ini diselenggarakan oleh Taman Budaya NTB bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Festival Musik Tradisional ini diselenggarakan sebagai salah satu usaha untuk melestarikan dan meningkatkan prestasi seni di Indonesia. Bagi Anda penggemar musik tradisional, tidak ada salahnya untuk datang ke Nusa Tenggara Barat untuk menyaksikan Festival Nasional Musik Tradisi sekaligus menjelajahi Pariwisata di Pulau Sumbawa atau Pulau Lombok. 

7. Lombok Sumbawa Pearl Festival


Lombok Sumbawa Pearl Festival

Untuk ke-6 kalinya Lombok Sumbawa Pearl Festival diselenggarakan di Pantai Senggigi, Lombok. Acara ini digelar dengan tujuan memperkenalkan Lombok sebagai penghasil mutiara bertaraf internasional. Untuk itu Anda penikmat mutiara dapat menyaksikan Lombok Sumbawa Pearl Festival pada bulan Juli 2006. 

8. Musikalisasi Puisi dan Olah Seni



Musikalisasi Puisi dan Olah Seni

Pada bulan Juli 2016, Akan menjadi bulan seni bagi Nusa Tenggara Barat (NTB). Berbagai macam acara seni akan di selenggarakan di sini seperti tari, musik, sastra, teater dan seni rupa. Musikalisasi Puisi dan Seni ini diselenggarakan untuk melahirkan generasi muda yang berbakat dalam bidang seni. Perhelatan ini juga dijadikan sebagai wadah bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat dan juga buat Anda pencinta seni untuk mengapresiasi hasil karya seni generasi muda NTB.

9. Festival Mentaram



Festival Mentaram

Kota Mataram akan menjadi salah satu primadona di kalender wisata 2016. Seluruh budaya yang ada di kota ini dihadirkan, di antaranya Suku Sasak, Sumbawa, Mbojo, Bali, dan masih banyak lagi. Selain itu Bulan Budaya Lombok Sumbawa turut menjadi rangkaian dari festival ini. Selama satu bulan (Agustus-September) tahun 2016, Anda akan diajak untuk menikmati pagelaran budaya, pameran, serta sarasehan yang dibawakan oleh para seniman dan budayawan NTB.

10. Festival Senggigi


Festival Senggigi

Selama sepekan Lombok Barat akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi, pameran, dan pesta rakyat. Festival Senggigi dalam rangka mempromosikan pariwisata kabupaten Lombok Barat. Acara yang akan diselenggarakan pada 16-19 September 2016 ini akan di isi dengan  berbagai macam atraksi adat dan budaya, pagelaran seni daerah dan modern serta berbagai macam pameran akan ditampilkan untuk wisatawan selama sepekan penuh di wilayah Pantai Senggigi.

11. Festival Gili Indah



Festival Gili Indah

Jika Lombok Barat mempunyai Senggigi, Lombok Utara memiliki Gili Indah yang siap dimeriahkan oleh lomba perahu layar, volly pantai, pesta kuliner, dan banyak acara lainnya.

12. Festival Moyo


Festival Moyo

Parade budaya akan digelar di Sumbawa pada 23 September hingga 30 Oktober mendatang. Acara tahunan bertajuk Festival Moyo ini kembali menyajikan atraksi Temung Nguri yang mengisahkan tentang kejayaan Kesultanan Samawa dan tarian Getap Junjung Pasaji yang terdiri dari 24 peserta Parade Budaya dari  24 kecamatan turut memeriahkan rangkaian acara ini.

13. Festival Muaharam


Festival Muaharam

Usai terpilih sebagai World’s Best Halal Destination, Lombok memperkuat diri dengan paket wisata Islami. Festival menyambut tahun baru hijiriah ini akan diselenggarakan di Lombok Timur.

14. Festival Lakey


Festival Lakey

Ajang lomba surfing terbesar akan diadakan di Hu’u Lakey, Kabupaten Dompu pada bulan Oktober 2016. Para peselancar domestik dan mancanegara akan ditantang untuk menaklukkan salah satu ombak terbaik di dunia dalam Festival Lakey.

15. Festival Taliwang


Festival Taliwang

Festival Taliwang adalah kegiatan yang melibatkan Balapan Kebo, Karnaval Kebo Hias, Pesta Kesenian Lawas hingga Paralayang. Festival ini akan diselenggarakan pada bulan November 2016. 

Selain itu di Nusa Tenggara Barat juga akan digelar seminar tentan Wisata Rinjani menuju Geopark Dunia dan juga menyelenggarakan Seminar tentang Wisata Halal, Menyusul kemenagan Pulau Lombok sebagai Destinasi Wisata Halal terbaik di Dunia. 

Rangkaian festival-festival ini diadakan sepanjang tahun 2016 di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Nah itulah beberapa Festival Wisata dan Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai referensi tujuan wisata Anda di tahun 2016 ini.





Share this article :

0 komentar:

Berkomentarlah yang sopan

Sesuai dengan isi postingan dan tidak menyertakan link aktif !

 
Support : Creating Website | Adeeva Travel | Adeeva Travel
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Adeeva Travel - All Rights Reserved
Adeeva Travel
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya